Festival StartupLokal Medan 2016

Festival StartupLokal Medan 2016

Festival Startup Medan 2016 hasil kolaborasi StartupLokal dan Clapham Collective mendapatkan sambutan yang luar biasa dari komunitas kota Medan. Dikarenakan dukungan dari sponsor, teman, dan rekan, hasil acara melampaui ekspektasi dari panitia. Dari hari pertama, para pembicara dan juga startup menginspirasi komunitas startup kota Medan. Acara ini berhasil memberi harapan dan dorongan untuk orang-orang Medan sekalian untuk membangun startup mereka.
 
Event ini dimulai dengan presentasi Chris Angkasa dari Clapham Collective. Beliau menggunakan kesempatan ini untuk menanamkan pentingnya memiliki budaya dan ekosistem yang benar di dalam lingkungan startup. Anwar Yunus, founder dari DealMedan, juga menginspirasi startup Medan dengan membagi bagaimana DealMedan mampu bertahan di lingkungan industri yang menurun, dan juga bahwa startup Medan mampu bersaing dengan startup dari pulau Jawa.
 
Anwar Yunus - Dealmedan
 
Herry Budiman, dari Gorry Gourmet, berbagi cerita mengenai bagaimana ia dan rekannya memulai startup di kota Jakarta. Beliau menekankan pentingnya sharing dan komunitas di dalam membangun sebuah bisnis. David Soukhasing dari GEPI menjelaskan tentang siapa itu Angel Investor dan peran mereka dalam ekosistem startup.
 
Di hari kedua, Andy Zain dari Kejora membagikan tips and trick dalam membangun sebuah startup. Beliau memberikan inspirasi yang sangat berkesan, terutama untuk mereka yang belum mengambil resiko untuk memulai usaha sendiri. Darwis Taniwan dari Aplaus membagikan bagaimana cerita awal mula Aplaus terbentuk. Beliau juga membagikan bagaimana evolusi Aplaus mengikuti perkembangan waktu.
 
Lily Suriani dari BerryBenka menjelaskan tentang strategi marketing yang dimanfaatkan. Beliau juga membagikan secara teknis, cara-cara untuk mengukur efektivitas marketing tools. Pada sesi penutupan, Melisa Irene dari East Ventures menceritakan pengalaman mereka dalam berinvestasi ke startup. Topik ini sangat berguna bagi mereka yang masih baru belajar tentang dunia startup dan funding.
 
Lily Suriani - Berrybenka
 
Acara ini juga dimeriahkan oleh sharing dari beberapa startups seperti MakanMana, Kolexia, Digidoy, Becak-in, Prabot, NedStudio, ConioLabs, Talenta dan GetRabbit. Beberapa service provider juga memberikan coverage seperti Snap-it dan Major Cloud Accounting Solution. Digital Lounge (DiLo) by Telkom Indonesia juga menjelaskan peran dan paritisipasi DiLo dalam ekosistem startup di Indonesia.
 
NedStudio
 
Major
 
Snap It
 
Selain acara di panggung utama, acara di Clapham juga dimeriahkan oleh booth dari vendor-vendor yang sangat berantusias seperti di antaranya vendor yang bergerak di bidang stationary; COMO dan Papuros, Indocafe yang memberikan free drinks, Aplaus Magazine yang membagikan free samples, Pilastro Coffee yang menjual berbagai variasi kopi, dan juga Berrybenka yang membagikan voucher & goody bags kepada para peserta.
 
 
Secara umum, para peserta Festival ini pulang dengan inspirasi, teman, serta harapan yang baru. Harapan Clapham sendiri adalah agar acara ini bisa membangkitkan semangat dan kemauan untuk mengambil inisiatif untuk membangun komunitas startup di Medan.
 
Acara ini hanya bisa terjadi dikarenakan sponsor dan supporter. Event ini didukung secara besar oleh Bhinneka.com, Castrol, Lumut Design and Communication, dan UPH Medan. Juga Clapham mendapatkan dukungan banyak dari komunitas investor, di antaranya ANGIN, Crystal Horse, East Venture, Ideosource, Kejora, dan Little Lights. Publikasi acara ini juga didukung media partner yaitu Aplaus Magazine, Dailysocial, Kreative Koven, Paperplane Videography, Kulinermedan, MedanReview, MakanMana, dan TechinAsia. Peran rekan komunitas juga sangat penting, di antaranya Digital Lounge by Telkom Indonesia, Ardent, meetxmingle, dan Pappperio.
 
Semoga acara ini menjadi awal tonggak kebangkitan startup Medan! Horas!

Comments